Selasa, 29 Januari 2013

APA ITU SUMUR BOR ? - 082120996368

PT. BELANI 082120996368


Sebuah sumur bor atau sumur artesis adalah sumur yang melewati batuan kedap air atau sedimen dan mencapai air yang berada di bawah tekanan dalam sumber air yang terkurung. Pada sumber air jenis ini, air di daerah rendah yang terperangkap di antara dua lapisan batuan kedap air dan tidak dapat naik ke permukaan air di atasnya, yaitu daerah yang tidak tertekan. Ketika sumur menembus daerah yang tertekan, tekanan memaksa air naik di dalam sumur hingga mencapai ketinggian permukaan air di daerah yang tidak tertekan (daerah yang dikenal sebagai permukaan potensiometri).

Beberapa keunggulan Sumur bor (Deep Well) adalah air yang dihasilkan sangat jernih dan bebas dari bau serta perawatan yang murah dibandingkan dengan menggunakan filter air. Lokasinya yang jauh dari permukaan menyebabkan air yang dihasilkan jauh dari polusi bahan kimia. Sehingga aman untuk dikonsumsi.

Sumur bor mampu mengatasi masalah air keruh dan berzat-besi tinggi. Sumur bor sangat cocok untuk daerah yang tanahnya memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Kandungan zat besi dalam air bersifat merusak, jika digunakan untuk mencuci baju, maka baju kelamaan akan menjadi kekuningan, rasa tidak nyaman pada kulit jika digunakan untuk mandi dan berbahaya untuk kesehatan bila dikonsumsi.

Sumur bor mampu mengatasi masalah air berkadar garam tinggi. Untuk daerah pesisir pantai yang airnya memiliki kadar garam tinggi, sumur bor juga bisa menjadi alternatif yang bagus sebagai sumber air, namun biasanya untuk daerah pesisir air bersih bisa diperoleh di tanah yang sangat dalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Info selengkapnya call ke 081220292910